Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

Seminar Parenting Pendidikan Hidayatullah Kota Bontang Bersama Ustadz Muhammad Fauzil Adhim (Pakar Islamic Parenting)

https://www.hidayatullahbontang.com/2022/11/seminar-parenting-pendidikan.html

Alhamdulillah, Hidayatullah Bontang sukses mengadakan Seminar Pendidikan dengan tema "Tarbiyah Nabawiyah Dalam Tataran Aplikasi" serta  Parenting Orang Tua Murid dengan Tema “Menjadi Orang Tua Hebat di Era Digital”, dengan Pembicara Ustadz Muhammad Fauzil Adhim. Kegiatan ini berlangsung dua hari yakni Sabtu-Ahad, 29-30 Oktober 2022.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Sesungguhnya setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan fitrah maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya seorang Yahudi, Nasrani, atau Majusi” ,(HR. Bukhari Muslim).

Hadits di atas menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting sehingga orang tua perlu memahami bagaimana mendidik anak dengan benar agar fitrah yang ada sejak lahir dapat terjaga. Demikian juga halnya guru memiliki tanggungjawab besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak didik sehingga harus satu paradigma serta kesamaan langkah dengan orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah.

Berangkat dari gambaran singkat di atas sehingga Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) Bontang menyelenggarakan seminar parenting untuk para orang tua dan seminar pendidikan untuk tenaga-tenapa pendidikan mulai dari PAUD hinngga SMA, serta pengasuh/musyrif asrama santri putra dan putri Pendidikan Hidayatullah Kota Bontang.

Dalam kegiatan tersebut, panitia pelaksana parenting mendatangkan langsung pakar islamic parenting dan penulis buku best seller Ustadz Muhammad Fauzil Adhim dari Yogyakarta yang memang selama ini sudah mendalami perso'lan bagaimana seharusnya orang  tua mendidik anak serta seperti apa seharusnya guru mendidik murid-muridnya.

Adapun rundown kegiatan parenting yang dilakukan selama dua hari adalah, hari pertama parenting khusus orang tua dengan materi bagaimana menjadi orang tua hebat serta pola komunikasi efektif dengan merujuk kepada Rasulullah SAW, sedangkan di hari kedua kegiatan seminar pendidikan yang diikuti oleh seluruh tenaga pengajar pada jajaran LPIH dari PAUD hingga SMA berlansung di Pendopo Pemerintah Kota Bontang dengan tema Tarbiyah Nabawiyah antara teori dan aplikasi.

Berkat kerjasa dari berbagai pihak, kegiatan berlangsung dengan baik. Seluruh peserta merasakan kepuasan dan mendapatkan wawasan serta ilmu bagaimana menjadi orang tua serta guru yang benar. Tanggungjawab berikutnya adalah mengamalkan ilmu yang didapatkan agar apa yang diharapkan yakni lahirnya anak shaleh dan shalehan dapat diwujudkan.

Dari panitia penyelenggara menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bontang, PT BAKAK NGL, PUPUK KALTIM, BMH Kaltim dan seluruh komponen yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik. Teriring do'a dari hati yang ikhlas, "Semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang banyak" amin!.

Penulis: AMC (Ar Riyadh Media Centre) Hidayatullah Bontang

Berikut poto-poto kegiatan: