Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

LPIH Kota Bontang Adakan Orientasi Bagi Orang Tua Santri Baru Tahun Ajaran 2023-2024

 

Sebagaimana lazimnya pada tahun-tahun sebelumnyua diawal tahun ajaran baru, Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) Kota Bontang selalu mengadakan kegiatan orientasi bagi orang tua dan siswa dalam rangka silaturrahim dan pengenalan pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bontang.

Hari ini, Sabtu, 15 Juli 2023 LPIH Kota Bontang menyelenggarakan orientasi tersebut bagi orang tua  siswa baru tahun ajaran 2023-2024 dari tingkatan PAUD sampai SMA dengan tema “merajut ukhuwwah untuk sukses tarbiyyah”.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 10.00 WITA ini diikuti oleh orang tua serta wali siswa baru dengan jumlah 307 dari PAUD sampai SMA.  Pukul 10.00 hingga menjelang  ashar kegiatan beralih kepada penyerahan santri boarding kepengasuh untuk selanjutnya ditempatkan pada kamar masing-masing.

Acara inti dalam kegiatan orientasi orang tua adalah pemaparan materi tentang sejarah Hidayatullah serta pengenalan lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Kota Bontang yang disampaikan oleh Ketua Yayasan dan Ketua LPIH Hidayatullah Kota Bontang.

Di antara beberapa catatan penting pada materi pengenalan sejarah Hidayatullah oleh ustadz Firdaus M.Pd adalah bahwa gagasan atau ide dasar Ustadz Abdullah Said sebagai pendiri Hidayatullah yakni, bagaimana mewujudkan lingkungan masyarakat islami yang mana di dalamnya diperagakan nilai-nilai wahyu dan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang wujudnya hari ini adalah 650 kampus yang menyebar keseluruh idonesia dengan visi “Kampus Sebagai Miniaturr Peradaban Islam”.

Selanjutnya bagaimana menemukan kembali metode da’wah yang efektif sebagaimana Rasulullah SAW dengan waktu 25 tahun mampu mewujudkan peradaban islam dengan paripurna di Madinah. Metode dakwah tersebut oleh beliau dinamakan Sistimatika Wahyu sebagai kerangka dasar gerakan dakwah dan tarbiyah. 

Kemudian materi pengenalan Konsep Pendidikan Integral Berbasi Tauhid (PIBT) yang disampaikan oleh Ketua LPIH Ustadza Rozikin, SE satu dari beberapa catatan pentingnya adalah bahwa Pendidikan Integral Berbasis Tauhid, secara singkat dapat dimaknai sebagai pendidikan yang menyatukan upaya pengembangan secara seimbang potensi yang dimiliki peserta didik yakni ruhiyah, jismiyah, dan aqliyah atau keseimbangan pengembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik anak.

Selain itu, siswa semakin yakin akan kebenaran Islam karena teori dan praktek yang diciptakan secara selaras melalui lingkungan sekolah asrama dan lingkungan pesantren yang mendukung.

Selesai acara orientasi orang tua di masjid, selanjutnya pada pukul 10.00 WITA hinga pukul 05.00 para orang tua melakukan penyerahan dan pengkondisian putra putri mereka ke asrama yang sudah dipersiapkan oleh pengelola asrama.

Harapan besar yang berada dipundak para asatidzah LPIH yakni bagaimana mewujudkan impian para orang tua santri untuk lahirnya anak shaleh dan shalehah menjadi qurrata a’yun melalui konsep pendidikan integral dengan kurikulum berbasi tauhid agar menjadi kenyataan.

Terimakasih bagi seluruh pihak yang terlibat demi suksesnya acara orientasi dan serah terima santri tahun ajaran 2023-2024 kali ini. Teriring do’a jazakumullahu khairan katsiran.

Penulis : Admin dan AMC (Ar-Riyadh Media Centre)