Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

TARHIB RAMADHAN (Meraih Sehat dan Taqwa dengan Puasa di Bulan Ramadhan)


 


    Sabtu, 18 Maret 2023 Pondok Pesantren Hidayatullah Bontang melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan. Kegiatan ini dihadiri sekitar 1200 peserta yang terdiri dari  100 Wali Murid TK, 600 Wali Murid MI, 239 Wali Murid SMP dan SMA Putri, 211 Wali Murid SMP dan SMA Putra, 50 Warga Kampus Hidayatullah Kota Bontang. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.30- 11.30 WITA. Adapun yang akan mengisi materi pada kegiatan Tarhib Ramadhan ini yaitu dr. Suhardi, SpJP. FIHA ( Direktur Utama RSUD Kota Bontang), dan Ustadz Naspi Arsyad, L.C Anggota Dewan Murobbi Pusat. Tema materi yang diusung pada tarhib ramadhan kali ini adalah "Meningkatkan pemahaman kaum muslimin tentang ibadah puasa, baik dari sisi syariat maupun kesehatan".

            Acara dimulai pukul 08.39 dipandu Ustadz Alfian Kadir sebagai MC. Acara tarhib ramadhan ini dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Ustadz Erief,  dilanjutkan dengan sambutan pertama yang oleh Ketua LPIH Bontang Ustadz Rozikin S.E, dan sambutan kedua sekaligus membuka secara resmi acara tarhib ramadhan oleh ustadz Qosim Lakaseng, M.Pd sebagai Dewan Perwakilan Hidayatullah Bontang (DPD) dalam sambutannya beliau kembali memperkenalkan Hidayatullah sebagai salah satu organisasi massal yang ada di Indonesia berpusat di Gunung Tembak yang bergerak dibidang tarbiyah dan dakwah.

            Memasuki acara inti, dipandu Ustadz Dzulfahmi sebagai moderator. Materi pertama dibawakan oleh ustadz Naspi Arsyad, L.C, dalam penyampaiannya diawali dengan surah al-Hajj ayat 78 tentang bersungguh-sungguh berjuang dijalan Allah. Dan momentum ramadhan inilah Allah akan melihat kesungguhan bagaimana hamba-Nya dalam meraih ketaqwaan. Maka untuk menyambut ramadhan ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu kita harus banyak berdo'a agar sampai pada bulan suci ramadhan, mempersiapkan diri dimulai dari hati yang bersih dan berfikir positif agar ibadah puasa kita lebih maksimal, kemudian membiasakan amalan-amalan ramadhan dimulai sejak bulan sya'ban, sebagaimana perumpamaan ulama bahwa 1 tahun itu bagaikan pohon batang-batangnya adalah bulannya, bulan-bulan itu bagaikan batang-batang pohon, hari-hari demi hari bagaikan rantingnya, jam demi jam bagaikan daunnya dan amalan itu adalah buahnya.

            Adapun materi yang disampaikan oleh dr. Suhardi, SpJP. FIHA terkait puasa bagi kesehatan.

Penulis:Admin AMC

Berikut Foto kegiatan Tarhib Ramadhan: