Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

Tarhib Ramadhan 1444 H Siswa MI Ar-Riyadh Bontang


 



        Bulan suci ramadhan tinggal menghitung hari, dalam rangka membekali para siswa/i dalam menyambut kehadiran bulan ramadhan Madrasah Ibtidaiyah Ar-Riyadh Bontang mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2023 bertempat di beberapa lokasi yaitu di Aula Yayasan Hidayatullah, Masjid Ar-Riyadh, dan Masjid Usman Palese. Kegiatan ini dihadiri oleh 548 peserta yang terdiri dari siswa-siswi MI Ar-Riyadh beserta para Ustadz dan Ustadzah.


       Pemateri pada kegiatan tarhib ramadhan ini adalah para ustadz dan ustadzah, dalam penyampaiannya bahwa ramadhan adalah momentum yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim dibelahan dunia, maka dilaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya tarhib ramadhan Adapun tarhib berasal dari kata rohhaba-yurohhabu-tarhiban artinya ucapan selamat datang kepada sesuatu yang baik, yang dinanti, yang istimewa atau kegiatan menyambut. Dalam hal ini  bulan suci ramadhan adalah tamu yang istimewa maka kita wajib menyambut dengan penuh suka cita dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum dan saat kita menjalankan ibadah dalam bulan suci ramadhan.

        Tarhib ramadhan adalah sunnah, Rasulullah SAW, pada akhir bulan sya'ban mengumpulkan keluarga, para sahabat, beserta umatnya untuk menyampaikan berita gembira yaitu datangnya ramadhan. Ustadz dan ustadzah juga menyampaikan keutamaan Ramadhan, bahwa yang pertama ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an maka kita harus menghiasi ramadhan dengan memperbanyak tilawah Al-Qur'an, yang kedua adanya lailatul qadr yaitu malam yang mulia diterimanya seluruh doa-doa dan pahalanya seperti seribu bulan.

Penulis:Admin AMC

Berikut Gallery Foto Tarhib Ramadhan