Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

Ujian Tahfidz Angkatan VII MI Ar Riyadh Hidayatullah Bontang



Al Qur'an adalah petunjuk Ilahi bagi umat manusia, yang jika diaplikasikan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari pada seluruh aspek kehidupan akan membawa keselamatan dan keberkahan dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, dalam rangka menanamkan AL-Qur’an dalam diri anak, Madrasah Ibtidaiyah Ar-Riyadh Pendidikan Integral Hidayatullah Kota Bontang melaksanakan Pembelajaran Al Qur’an Metode Al-Hidayah dan Pembelajaran Tahfidz (Hafalan) sejak dini. Untuk target bacaan, kelas tiga naik ke kelas empat sudah harus tuntas bacaan al Qur'annya dengan standar mampu membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid, juga telah menyelesaikan pembelajaran tajwid dan gharib. Sementara standar lulusan hafalan secara umum minimal tiga juz, dan bagi kelompok takhassus target hafalannya minimal lima juz sebelum dinyatakan lulus dari MI Ar Riyadh.

Kali ini, MI Ar Riyadh melakukan Ujian Tahfidz Terbuka Angkatan VII (lima) Dalam ujian terbuka angkatan VII tersebut, diikuti oleh 92 siswa/siswi kelas 6 MI Ar-Riyadh yang mana terget hafalan pada angkatan ini yakni satu juz, dan untuk pencapaian terget, setelah ujian meja mereka dinyatakan lulus 100%, bahkan sebagian besar siswa/siswi melebihi target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Alhamdulillah.

Berikut ini dapat dilihat pencapaian Tahfidz (Hafalan) siswa kelas 6 MI Ar-Riyadh Pendidikan Integral Hidayatullah Kota Bontang Angkatan VII 2020:
1. Juz 27 : 4 siswa.
2. Juz 28 : 10 siswa.
3. Juz 29 : 77 siswa.
4. Juz 30 : 1 siswa.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2020 ini berjalan dengan lancar.

Acara yang bertempat di Masjid Ar Riyadh Hidayatullah Bontang yang dumulai sejak pukul 07.30 WITA dibagi beberapa sesi. Sesi pertama adalah muraja'ah hafalan juz 29 dan 30, kemudian sesi ujian terbuka, selanjutnya sesi muraja'ah hafalan hadits dan terakhir adalah sesi peragaan kemampuan anak-anak mengurai tajwid dan bacaan gharib musykilat Al Qur'an.

Serunya ujian terbuka ini terletak pada sesi ujian terbuka yang disiapkan oleh panitia, dimana seluruh undangan boleh menguji siswa/siswi dan jika anak-anak selesai menjawab pertanyaan, apresiasi serta teriakan takbir dari orang tua dan penonton menjadikan acara lebih hidup. Tidak cukup dengan itu, sebagian orang tua memberi hadiah langsung dan pelukan sayang disertai do'a dan harapan untuk anak-anak mereka sebagai penghargaan atas upaya maksimal dari anak-anak mereka.

Pada akhir kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih tiga ratus tamu undangan dan orang tua murid, ditutup dengan sambutan-sambutan. 
Sambutan pertama oleh Kepala MI Ar Riyadh Ustadz Muhammad Qasim, SHI menekankan bahwa, lahirnya anak shaleh dan shalehan ditentukan oleh kurikulumnya yang berbasis pada Tauhid, guru dan orang tua yang shaleh dan shalehah serta lingkungan yang terproteksi dari pengaruh negatif dari kemajuan informasi dan teknologi serta pergaulan bebas.

Pada giliran berikutnya, sambutan oleh Ketua Pembina Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Bontang KH. Jamaluddin Ibrahim, beliau menyampaikan bahwa tidak ada keberkahan selain dengan menghadirkan Al Qur'an dalam kehidupan secara individu, keluarga dan masyarakat dengan keterlibatan semua elemen yang ada secara bersama-sama.

Dan terakhir, Ustadz Sulthoni, M.Pd.I mewakili Kepala Kementerian Agama Kota Bontang menyampaikan sambutan memberikan apresiapi kepada MI Ar Riyadh yang tahun 2019 mendapat banyak penghargaan atas prestasi yang didapatkan. Oleh pemerintah, MI Ar Riyadh dinobatkan menjadi Sekolah Ramah Anak (SRA), Sekolah Adiwiyata, dan menjuarai sekolah GEMILANG (Gerakan Madrasah Ibtiaiyah Melahrikan Bintang) serta salah satu dari gurunya dipercaya menjadi Fasilitator Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah se Kota Bontang untuk pelajaran Matematika. Harapan besar beliau mewakili kemenag dan masyarakat untuk guru-guru MI Ar Riyadh agar selalu meningkatkan kemampuannya, ikhtiarnya dalam menjalankan tugas pengabdiannya sehingga dapat melahrikan lebih banyak lagi anak-anak berkualitas yang cerdas secara emosional, spiritual dan intelektual.

Turut pula hadir sebagai undangan dalam acara ini adalah Ketua DPD Hidayatullah Kota Bontang Ustadz Jamaluddin Al Afghan, Ketua Yayasan Hidayatullah Kota Bontang Firdaus Darwin, S.Pd.I dan Pengawas Yayasan Hidayatullah Kota Bontang H. Mathori Sayuti.

Selamat untuk seluruh siswa/siswi yang telah mengikuti Ujian Tahfidz Terbuka Angkatan VII semoga menjadi generasi shaleh dan shalehah penghafal al Qur'an yang membanggakan orang tua, masyarakat dan kelak menjadi pejuang untuk jayanya al Islam di bumi ini. Selamat juga untuk guru-guru MI Ar Riyadh pejuang-pejuang pendidikan yang tidak pernah lelah dalam menjalankan tugas mulia mendidik anak-anak tanpa mengharapkan imbalan selain hanya mencari Ridha Allah Ta'ala, semoga berkah hidupnya dunia dan akhirat.

Penulis: admin

Berikut ini galery poto-poto kegiatan Ujian Tahfidz VII MI Ar Riyadh