PROFIL SINGKAT PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BONTANG

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Sabtu, 26 Mei 2018

PROFIL SINGKAT PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BONTANG

PROFIL
YAYASAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH
KOTA BONTANG
Alamat: Jl. Imam Bonjol RT 04, Kel Api-api, Kec Bontang UtaraKota Bontang, Telphon (0548) 21170


I.    SEJARAH BERDIRINYA
Pesantren Hidayatullah Bontang didirikan pada tahun 1982 yang dimotori oleh tenaga-tenaga muda potensial yang ditugaskan dari Hidayatullah Pusat Gunung Tembak dengan membawa misi menyebar rahmatan lilalamin dipermukaan bumi khususnya dikawasan Bontang dan sekitarnya.

Perjuangan panjang yang tiada henti yang dilakukan perintis awal Hidayatullah Bontang membuahkan hasil yang terus menurus perlu disyukuri, kenapa tidak, awal menginjakkan kaki di Bontang pesantren Hidayatullah tidaklah langsung berdiri seperti yang kita saksikan hari ini, namun bertahun-tahun lamanya tempatnya belum menetap, berpindah dari satu rumah kerumah yang lain, dari satu masjid kemasjid berikutnya.

Berawal di Masjid Jami’ Loktuan KM 01 selama kurang lebih tiga tahun kemudian Pindah ke Jalan Poros Bontang Samarinda KM 08 yang hingga saat ini masih berdiri Hidayatullah di sana, kemudian pindah lagi ke Masjid Al Aqrabun Gunung Sari selama kurang lebih tiga tahun dan pada akhirnya mendapat tempat di Jalan Imam Bonjol yang di rintis oleh Ust Usman Palese Allahu Yarham yang hari ini menjadi pesantren kebanggaan masyarakat sekaligus menjadi icon Kota Bontang sebagai kota agamis.

Diawali dengan langkah-langkah sederhana yakni silaturrahim ketokoh-tokoh masyarakat, pemerintah dan perusahaan kemudian ditindak lanjuti dengan pengajian-pengajian, majelis taklim dan akhirnya melahirkan kesadaran bersama tentang pentingnya mendirikan sebuah lembaga dalam bentuk Pondok Pesantren yang menjadi pusat kendali dari kegiatan-kegiatan dakwah yang sudah berjalan dan tempat mendirikan lembaga pendidikan yang dapat menampung anak-anak yang ingin beajar mendalangi ilmu agama, sekali gus keberadaan pesantren menjadi suaka generasi yang membentengi mereka dari serangan-serangan budaya sekuler yang cenderung memperutkan hawa nafsu.

Atas izin Allah Pesantren Hidayatullah mampu mewujudkan niat tersebut dengan membebaskan sebuah lahan setelaha berpetualang dari daerah satu kedaerah lain yang awalnya hanya kurang lebih satu hektar kemudian terus bertambah hingga saat ini secara keseluruhan lahan yang didiami Pesantren Hiayatullah Bontang seluas 5 hektar.

Kegiatan dimulai menampung anak-anak yatim piatu, terlantar, putus sekolah dan orang-orang yang tidak mampu yang berasal dari berbagai desa. Mereka didikik agar  memiliki kemampuan berkiprah di tengah masyarakat, dengan bekal iman yang kokoh, akhlaq yang mulia serta kemampuan untuk hidup mandiri.

Dengan bantuan masyarakat, kegiatan  penyantunan yatim piatu, anak putus sekolah ditingkatkan menjadi  lembaga pendidikan yang dikelola secara profesional, dalam bentuk TK, SD, SMP, SMA serta lembaga diniah dan tahfidz.

II.    VISI PENDIDIKAN
        “Mewujudkan Pendidikan Islam yang unggul dan mampu melahirkan insan yang  siap memikul amanah Allah Sebagai hamba dan khalifah-Nya”

III.    MISI
Misi Hidayatullah Kota Bontang dalam mewujudkan visinya adalah sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan Pendidikan Integral, yang mengembangkan aspek Ruhiyah (spiritual), Aqliyah (intelektual) dan Jismiyah (fisik dan ketrampilan).
2. Menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan.
3. Membantu meningkatkan mutu lembaga-lembaga pendidikan Islam.
4. Memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi kaum dhuafa (masyarakat yang lemah).

IV.    PROGRAM PENDIDIKAN
Program pendidikan yang saat ini dikelola Pondok Pesantren Hidayatullah Bontang terdiri dari:

a.    Play Group “Hidayatullah”
Merupakan pendidikann pra sekolah yang bertujuan menanam kan kepribadian positif sejak usia dini. Metode pembelajaran telah dikembangkan mengikuti perkembangan pendidikan mutakhir, seperti penggunaan sistem sentra, kurikulum berbasis kompetensi dan sebagainya.

b.    MI Ar Riyadh Hidayatullah
Merupakan pendidikan setingkat Sekolah Dasar yang berada dibawah payung Kementerian Agama dengan memadukan kurikulum SD dan MI serta menyelenggarakan pendidikan khas belajar membaca dan menghafal al Qur’an dengan memakai metode tertentu.

c.    SMP dan SMA Integral (Boarding School)
Untuk tingkat menengah pertama maupun menengah atas diterapkan sistem asrama (boarding school). Siswa wajib tinggal di asrama. Dengan sistem ini, siswa memiliki waktu yang memadai untu memahami ajaran Islam lebih dalam, mengaplikasikannya dalam bimbingan guru dan belajar untuk hidup madiri.

V.    PROGRAM NON PENDIDIKAN
Disamping program pendidikan, Pesantren Hidayatullah Bontang juga memiliki program da’wah dan  sosial.

Program da’wah diwujudkan dalam bentuk, pengajian umum untuk orang tua dan masya rakat, pelayanan khutbah Jum’at, Pembinaan Taman-taman  Pendidikan Al-Qur’an di, menyelenggarakan training dan pelatihan dan sebagainya.

Sedangkan program sosial diwujudkan dalam bentuk: pemberian santunan kepada masyarakat yang tidak mampu, memberikan beasiswa siswa kurang mampu, pembinaan anak jalanan dan pemulung, menyelenggarakan pengobatan gratis, khitanan masal dan sebagainya. *) admin


Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage