Madrasah Ibtidaiyah Ar Riyadh Hidayatullah Kota Bontang Adakan Buka Bersama

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Kamis, 08 Juni 2017

Madrasah Ibtidaiyah Ar Riyadh Hidayatullah Kota Bontang Adakan Buka Bersama


BAGI guru MI Ar Riyadh, pembelajaran tidak melulu di dalam kelas, atau membaca buku di perpustakaan, atau menyelesaikan tugas-tugas kelompok. Tetapi peristiwa sederhana dan moment-moment langka juga interaksi sosial  dapat direkayasa menjadi sarana pembelajaran. Justru belajar yang sesungguhnya tentang makna kehidupan, mengerti hakikat keberadaan  dapat diperoleh dari sana secara inspiratif oleh guru-guru kreatif.

Momentum bulan ramadhan tahun 2017 M/1438 H di lingkungan MI Ar Riyadh Hidayatullah Kota Bontang oleh ustad-ustadnya mengagendakan buka bersama dengan siswa-siswinya yang dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan Rabu 07 Juni 2016 untuk kelas satu dan dua dengan jumlah murid kurang lebih 200 orang. Kemudian tahap kedua rencana akan diselenggrakan pada tanggla 10 Juni 2017 di tempat yang sama bagi kelas tiga, empat dan lima.

Buka bersama yang dilaksanakan oleh MI Ar Riyadh ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran yang dapat memberi kesan pada jiwa siswa-siswi tentang  kebersamaan, persaudaraan, kepedulian, dan keindahan berbagi. Juga agar tertanam kesadaran dalam menjalankan kewajiban-kewajibannya dihadapan Allah Ta’ala teremasuk kewajiban berpuasa hinga kelak lahir anak-anak yang bertaqwa sebagai refleksi pendidikan puasa.

Dalam acara buka puasa bersama ini, turut pula hadir Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Kota Bontang Ust. Firdaus Darwin, S,Pd.I. Dalam bincang-bincang santai saat menunggu waktu buka puasa tiba, belia menyampaikan apresiasinya kepada seluruh TIM guru MI Ar Riyadh dan panitia buka bersama yang dengan rela mengesampingkan agenda pribadi juga menunda urusan keluarga demi suksesnya acara buka bersama. Tentu harapan besar dibalik semua itu adalah lahirnya generasi shaleh dan shalehah melalui rahim MI Ar Riyadh Hidayatullah Kota Bontang dengan segala kreatifitas pembelajaran yang dilakukannya.

Acara yang selenggarakan di depan gedung MI Ar Riyadh berjalan lancar, terkendali sesuai dengan rencana, anak-anak yang diantar oleh orang tuanya ke lokasi kegiatan datang lebih awal disambut oleh para ustad/ustadzanya. Sebeum mengambil tempat duduk, para siswa diharuskan mengisi absen bersama orang tuanya masing-masing. Setelah absen terisi, orang tua dipersilahkan meninggalkan anandanya dan datang kembali menjemput setelah kegiatan buka bersama selesai terselenggara.

Tepat pukul 05.00 Wita acara dimulai dengan arahan-arahan panitia agar siswa-siswa bisa tertib mengikuti kegiatan hingga akhir.

Acara diawali dengan pembacaan basmalah oleh protokol cilik dari anak-anak kelas satu dan dua yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan singkat serta pengarahan oleh kepala MI Ar Riyadh.

Dalam sambutan singkat ketua LPIH Ust. Syamsuddin, S.Pd.I menekankan esensi puasa adalah menahan nafsu. Orang yang berpuasa dilatih untuk memiliki kendali diri, sebab salah satu ciri yang dimiliki oleh orang bertaqwa adalah dapat mengembalikan dirinya pada saat marah atau emosi.

Kemudian dalam pengarahan Kepala MI Ar Riyadh Ust. M. Qasim, SHI, mengatakan diantara tujuan puasa adalah membentuk karakter jujur, memiliki integritas pribadi. Hanya orang-orang jujur saja yang layak untuk mengambil alih bumi ini. Puasa yang laksanakan pada tahun ini mudah-mudahan mengantar kita semua menjadi orang bertaqwa yang memiliki kendali diri dan memiliki integritas pribadi yang kuat.

Pada acara buka bersama ini pula, panitia menyediakan hadiah-haidah kecil untuk merangsang partisipasi peserta. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh penceramah, akan diberi hadiah alakadarnya.

Lima menit menjelang buka puasa, taushiah dan sayembara diakhiri, selanjutnya anak-anak dan seluruh peserta diarahkan untuk berdzikir yang dipandu oleh Ust. Abdul Haris, S.Pd.I. Bersamaan itu pula seluruh ustad-ustadzah yang terlibat dalam kepanitiaan, sibuk melayani peserta membagi keperluan berbuka sesuai tugasnya masing-masing.

Saat azan magrib menggema di corong-corong masjid, tibalah saatnya berbuka puasa, sebelum mencicipi makanan atau minuman tidak ketinggalan diawali dengan do’a. Sehabis menikmati hidangan buka puasa, kembali anak-anak diarahkan mengatur posisi shafnya dengan rapi untuk selanjutnya shalat berjamaah magrib diselenggarakan. Selepas salam lalu berzikir dan berdo’a, tibalah saatnya hidangan makan berupa nasi kotak kembali diedarkan oleh panitia sebagai menu santap malam dalam buka bersama ini.

Seusai rangkaia kegiatan buka bersama, siswa siswi yang sudah dijemput oleh orang tuanya dipersilahkan menginggalkan tempat acara, dan bagi yang pulang sendiri dihimbau agar langsung menuju kerumah masing-masing untuk mempersipkan diri menunaikan shalat isya dan tarawih berjama'ah di masjid.

Alhamdulillah, berkat kerjasama TIM yang solid, acara berlangsung dengan baik. Terimakasih semuanya, semoga Allah Ta'ala membalas amal kita semua dengan pahala berlipat ganda, amin!

Sukses untuk siswa-siswi MI Ar Riyadh.
Sukses untuk ustadz-ustadzah MI Ar Riyahd.
Sukses untuk MI Ar Riyadh

________
PENULIS : Abu Akmal El Iddah, guru MI Ar Riyadh Hidayatullah Bontang

Gallery Photo Buka Bresama














Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage