Musyawarah Forum Sinergi Hidayatullah Bontang Dalam Menghadapi Ramadhan 1438 H/2017 M

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Rabu, 10 Mei 2017

Musyawarah Forum Sinergi Hidayatullah Bontang Dalam Menghadapi Ramadhan 1438 H/2017 M


Kehadiran bulan suci Ramadhan menjadi sebuah hadiah indah bagi kita, karena ramadhan sebagai bulan berkah yang di dalamnya kebaikan bernilai lebih, serta diganjar pahala berlipat ganda. Di dalam bulan ramadhan pula terdapat amalan-amalan yang tidak terdapat pada bulan lainnya.
Ramadhan 1438 H/2017 M tinggal menghitung hari lagi, dalam menyambut kedatangan Bulan Ramadhan, Hidayatullah Kota Bontang menggelar Rapat Sinergi yang dihadiri oleh pengurus inti lembagai yang terdiri dari unsur Dewan Pengurus Daerah (DPD), Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH), Baitul Mal Hidayatullah (BMH), Muslimat Hidaytullah (MUSHIDA), dan Organisasi Pemuda Hidayatullah (SYABAB) Kota Bontang.
Dalam arahan diawal pertemuan, Ketua DPD Hidayatullah Kota Bontang Ustadz Jamaluddin S.Pd menekankan pentingnya bersinergi, bekerja sama dan saling mendukung demi suksesnya kegiatan dibulan Ramadhan kali ini serta menguatkan spirit agar begitu datang Bulan Ramadhan kita semua sudah siap menghadapinya.
Dalam rapat sinergi ini ada tiga sukses yang dicanangkan bersama, yakni sukses ibadah, sukses layanan umat, dan sukses penggalian dana.
Pertama, sukses ibadah.
Sukses ibadah bulan ramadhan menjadi titik sentral sukses-sukses yang lain yang dicanangkan oleh lembaga dan pribadi-pribadi kaum muslimin. Karena itu ketua DPD sebagai Ketua Forum Sinergi sekaligus memimpin musyawarah menghimbau bahwa, untuk dapat maksimal dalam menjalankan ibadah puasa, qiyamullail, baca al qur’an, dan ibadah yang lain maka, sejak dari sekarang sudah membiasakan diri untuk puasa sunnah Senin Kamis, qiyamullail dan memperbanyak tadarrus al Qur’an.
Beberapa program yang dirancang panitia dalam mensukseskan ibadah ramadhan adalah shalat malam untuk santri dan warga dimulai pukul 02.00 Wita dini hari dan berakhir menjelan sahur, menghidupkan malam-malam lailatul qadar, i’tikaf di masjid, lebih awal datang kemasjid untuk melaksanakan shalat berjamaah, membentuk tim tawajjuh, memberi penghargaan bagi warga yang banyak mengkhatamkan al Qur’an.
Panitia sukses ibadah juga merancang kegiatan i’tikaf di Masjid ar Riyadh Hidayatullah Bontang pada sepuluh terakhir bulan ramadhan bagi warga yang memiliki keinginan kuat mendapatkan kemuliaan Ramadhan.
Kedua Sukses layanan umat.
Sukses layanan umat dalam bulan ramadhan realisasinya adalah layanan warga dan santriHidayatullah Bontang melalui penyediaan takjil buka puasa setiap sore dan santunan lembaga bagi yang membutuhkan, membangunkan qiyalullail dan sahur. Kemudian layanan umat keluar adalah menyebar da’i-da’i kemasjid-masjid dan mushalla baik yang ada di kota ataupun yang berada di luar kota, di antaranya kewilayah sekambing, jalan poros bontang Bontang Samarinda, Jalan Poros Bontang Sangatta, daerah perairan seperti Selangan, Tihik-tihik, Teluk Kadere dalam rangka ceramah tarwih dan training-training yang dikemas dalam bentuk Pesantren Ramadhan. Kemudian bentuk lain layanan umat keluar adalah menggelar buka puasa bersama dan membagikan paket ramadhan bagi keluarga kurang mampu.
Mengawali sukses layanan ini, seluruh komponen lembaga berencana akan melakukan pawai sambut ramadhan keliling Kota Bontang sebagai wadah ta’aruf yang disinergikan dengan kegiatan tarhib ramadhan dan mendapatkan pengetahuan yang benar mengenai Bulan Ramadhan.
Ketiga sukses penggalian dana.
Kedermawanan kaum muslimin dibulan suci ramadhan dibanding bulan-bulan yang lain berbeda. Didalam bulan suci ramadhan janji Allah bagi orang yang bersedeqah pahalanya dilipat gandakan oleh Allah Ta’la menjadi daya terik tersendiri bagi kaum muslimin.
Dalam hal ini, Hidayatullah Kota Bontang meningkatkan layanan dalam menyikapi keinginan kaum muslimin untuk menyalurkan sebagian hartanya untuk anak yatim piatu, terlantar dan kurang mampu agar terealisasi dengan mudah, Hidayatullah Bontang menyiapkan program sambut zakat, infaq, sedeqah serta dana pengadaan takjil kerumah-rumah penduduk yang berdomisili di Kota Bontang.
Layanan lain bagi para muhsinin untuk penyaluran infaq, zakat dan shadaqahnya adalah dapat mendatangi langsung Gerai Baitul Mal Hidayatullah yang disiapkan sekitar 35 titik diselurh kawasan kota bontang, atau ke Kantor Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bontang sebagai Mitra Pelayanan Zakat (MPZ) BMH yang beralamat di Jalan Imam Bonjol RT 04 kelurahan Api, atau kantor Baitul Mal Hidayatullah Kota Bontang di Jalan Jl. R. Suprapto No. 12 (depan Rumah Sakit Amalia Bontang).
Rapat yang dihadiri oleh seluruh pengurus inti unsur organisasi Hidayatullah Kota Bontang yang dimulai pukul 09.10 menit dan berakhir saat suara adzan dhuhur menggema dimasjid-masjid.
Semoga rapat sinergi ini, menjadi bukti kesungguhan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan demikian Ramadhan yang akan kita sonsong lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (Sekretaris forum sinergi)




Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage