Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

SMA Hidayatullah Bontang Aktif Ajarkan Ilmu Kemasyarakatan

SMA Hidayatullah Kota Bontang, Kalimantan Timur, yang merupakan sekolah sistem berasrama tingkat SLTA satu-satunya di Kota Bontang, terus berpacu diri menjadi lembaga pendidikan integral barbasis kompetensi. Salah satu yang menjadi concernnya adalah senantiasa menggalakkan penerapan ilmu sosial kemasyarakatan.

Sejak awal berdiri, SMA Hidayatullah Bontang memang telah menyelenggarakan aspek edukasi yang satu ini. Adapun skema pembelajarannya adalah dengan melakukan praktik langsung ke tengah-tengah masyarakat. Para siswa akan dibekali kemampuan bersosialisasi.

"Ilmu kemasyarakatan adalah ilmu terapan. Para siswa langsung ditugaskan langsung terjun ke masyarakat, mereka di sana belajar bersosialisasi dan membangun komunikasi. Diharapkan dengan begitu, peserta didik kelak mampu memahami dan dapat bersosialisasi dengan baik serta mengerti bagaimana karakter suatu individu atau masyarakat".

Adapun beberapa kegiatan rutin yang dilakukan santri untuk penyelenggarakan sistem edukasi ilmu kemasyarakatan ini adalah diantaranya dengan menugaskan mereka menjadi penceramah di masjid-masjid perkampungan, menjadi khotib jum'at, membina TPA, berdagang, menulis gagasan, dan bersilaturrahim secara berkala ke rumah-rumah penduduk di sekitar pesantren atau sekolah.

Bahkan tidak jarang peserta didik dikirim ke kecamatan atau dusun baru yang sama sekali mereka tak tahu sebelumnya . Disanalah mereka nanti berlatih dan melakukan penelitian tentang ilmu kemasyarakatan ini.

Tak dapat dipungkiri, Ilmu Kemasyarakatan merupakan bidang ilmu terapan yang penting untuk dipahami peserta didik agar kelak mereka dapat berinteraksi dengan baik terhadap lingkungannya. Apalagi mengingat Indonesia adalah bangsa yang heterogen atau masyarakat multikultural (multicultural society).

Masyarakat Indonesia yang multikultural yang terdiri dari banyak kebudayaan dan tradisi ini harus dapat saling saling menghargai satu sama lain. Sehingga demikian, siswa-siswi SMA Hidayatullah Bontang diharapkan kelak dapat menjadi komunikator yang baik yang memiliki tradisi Islam yang luhur seraya tetap menjaga keharmonisan sesama.