Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

Sukses Ujian Nasional, Murid SMAHID Akui Matematika yang Paling Susah

Ujian Nasional (UN) SMA sederajat, berakhir Jumat (24/4). Mayoritas peserta UN dari SMA Hidayatullah Bontang menilai ujian matematika yang palik pelik.

"Soal Matematika yang paling sulit. Soal soalnya banyak yang tidak diujikan dalam Tes Daya Serap atau try out sekolah," kata Ahmad Rivai, siswa kelas III SMA Hidayatullah Bontang ketika dimintai pendapatnya www.smahidayatullah.com, Senin (27/09) hari ini.

Rivai yang juga mantan pengurus OSIS ini mengaku kewalahan ketika mengerjakan soal ujian Matematika. Secara keseluruhan, menurut Rivai, soal soal yang diujikan pada UN 2009 ini terlampau berat dan sedikit sekali yang sesuai atau paling tidak mirip dengan apa yang diujikan dalam Tes Daya Serap. “Menurut saya, hanya 20 persen saja soal yang pernah diujikan pada masa try out” lanjutnya.

Senada dengan Rivai. Ahmad Fauzan dan Rahmat Hidayat dari kelas yang sama, juga mengaku soal matematika sama rumitnya dengan soal Bahasa Inggris. Namun, mereka yakin lulus. "Saya optimistis lulus 100 persen," tutur Fauzan.

Ahmad Fauzan yang kelahiran Kota Balikpapan ini mengaku sempat deg-degan ketika baru memasuki hari pertama UN 2009. “Bukan karena ada santri putrinya, tapi ada rasa was-was takut ga lulus” tukasnya sambil tersenyum. Tapi ketika sudah masuk hari kedua dan seterusnya, Fauzan sudah merasa lebih nyaman, “Alhamdulillah enjoy” katanya semangat.

“Saya kesusahannya di Bahasa Inggris ketika pada sesi listening” ujar Rahmat menambahkan.

Pengumuman UN minggu kedua Bulan Juni
Secara terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Bontang, Anwar Sanusi mengungkapkan, dari 1.286 peserta UN SMA IPA dan IPS, dan SMK sebanyak 808 orang, hanya satu orang siswa dari SMK Regomasi yang tidak mengikuti UN dan wajib mengikuti ujian susulan, Senin (27/4).

"Peserta ujian yang tidak mengikuti ujian hanya satu orang, karena tidak mengikuti ujian saat hari kedua, Selasa (21/4), sehingga hanya satu mata ujian susulan" pungkasnya seperti di laman Tribun Kaltim.

Dikatakan Anwar, masih dari sumber yang sama, pelaksanaan UN SMA/sederajat berdasarkan evaluasi sementara Dinas P dan K berlangsung aman, lancar dan tidak ada indikasi kebocoran soal. Pengumuman UN akan dilakukan minggu kedua Juni mendatang.

Anwar meminta pelajar kelas III tetap menyiapkan diri mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang diselenggarakan Senin (4/5) hingga Kamis (7/5). Sebab, UAS tak kalah menentukan layaknya UN.

"UAS sama pentingnya dengan UN, apabila mereka tidak lulus US maka UN mereka tidak akan lulus, demikian sebaliknya," terang Anwar. Untuk materi soal US, berasal dari Musyawarah Kelompok Guru Mata Pelajaran (MKGMP) se-Bontang. [tk/ain/www.smahidayatullah.com]