Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Akademik 2024-2025, Anda dapat menghubungi Whatsapp Centre 0811-5872-300, 0812-5660-8604

Biar Gak Nyontek, Pelajar Dilarang Pakai Jam Tangan

Bangkok - Fenomena mencontek bukanlah sesuatu yang asing di kalangan pelajar. Sepertinya mereka selalu menemukan cara baru untuk menyalurkan 'hobi' tersebut.

Seorang pelajar di Bangkok tertangkap basah menerima pesan singkat (short message service/SMS) berisi contekan di jam tangan berponselnya saat ujian nasional. Walhasil, pemerintah Thailand mengeluarkan tindakan tegas dengan melarang pelajar mengenakan jam tangan saat ujian masuk universitas berlangsung, untuk mencegah terulangnya kasus serupa.

oto dari jam tangan ponsel tersebut bahkan akan dikirimkan ke pusat-pusat ujian di seluruh pelosok negeri. "Saya telah meminta 18 pusat ujian di negeri ini untuk melarang siswa mengenakan semua jenis jam tangan selama ujian masuk universitas," tandas Sumate Yamnoon, senior pejabat kementerian, yang dikutip detikINET dari Straitstimes, Kamis (6/3/2008).

Di Thailand memang persaingan untuk menembus bangku universitas sangat ketat. Di beberapa jurusan seperti teknik atau farmasi, hanya diambil satu orang dari 100 kandidat. Mungkin saja tindakan mencontek yang dilakukan pelajar tersebut lantaran dia malas belaja atau tidak percaya diri saat menghadapi ujian, sehingga menghalalkan berbagai cara untuk berhasil menembus universitas.
( Detikinet.Com)