PT Badak NGL Meledak, Pesawat Terbakar

28 Agu 2008

PT Badak NGL Meledak, Pesawat Terbakar

BONTANG-- Suara sirena meraung keras. Orang-orang lalu lalang. Dari radio petugas airport PT Badak NGL, pilot Kapt Ardi yang membawa 37 penumpang dari Balikpapan dengan nomor penerbangan PK PSW PA140 mengabarkan satu mesin pesawat mengalami trouble.
Karena itu, pendaratan darurat harus dilakukan. Karena tak sempurna saat mendarat, bagian punggung pesawat terbakar. Akibatnya, ada dua korban luka bakar dan 3 luka berat dalam peristiwa itu. Pemadam kebakaran, ambulance dan bis penumpang telah disiapkan petugas PTB. Kebakaran bisa diantisipasi dengan cepat dan korban langsung dilarikan kerumah sakit terdekat.

Demikian gambaran simulasi emergency drill PT Badak NGL Kamis (21/8).
Presiden Direktur PT Badak Agus Haryanto mengatakan, latihan emergency drill dilakukan dikompleks kilang LNG Rabu (20/8) dan fasilitas pelabuhan udara, kamis kemarin. "PTB memproduksi gas yang kita tahu punya resiko kebakaran, dan ledakan sehingga siapapun pekerja PTB harus siap.

Ini bagian upaya kita untuk mengingatkan agar waspada mengambil tindakan atau pengamanan, emergency drill kita lakukan diarea loading dock 1 dimana ada skenario LNG spill pada transfer line dan diikuti oleh fire maka efek kondisi emergency berdampak kesemua fasilitas, pekerja, masyarakat, LNG Vessel"tutur Agus, disela sela simulasi diairport PTB kemarin. ©Dalam prosedur pengamanan pelabuhan udara, Agus merinci, PTB mengacu standar iternasional FAA dan standar Dephub CASR 121 serta prosedur PTB sendiri yang tertuang dalam buku prosedur penanggulangan keadaan darurat. "Soal personal bandara, kami juga punya lisensi yang mumpuni bahkan tenaga parkir pesawat"terangnya.

Sementara pengamanan pelabuhan laut menggunakan standard ISPS Code. "Standard yang kita pakai memang internasional provent diakui perusahaan maupun negara"tegas Agus. Sekitar 2 ribu pekerja dilibatkan didivisi masing masing. Masyarakat didua kelurahan yakni Kelurahan Berbas Tengah dan Berbas Pantai turut serta simulasi evakuasi menuju titik berkumpul di Simpang tiga Kutai Timur - Bontang bekerjasama Polsek Bontang Selatan. Agus menjelaskan, PTB concern dengan safety.

Karena itu, dalam sturktur organisasi PTB, diadakan divisi She-Q (Safety, Health, Enviroment) yang dipimpin Manager She-Q Nanang Asmadie. Masih menurut Agus, sasaran simulasi adalah bagaimana upaya pengamanan/tindakan,menjalin komunikasi dan koordinasi ketika kondisi darurat serta evaluasi. Latihan dilakukan full skill emergency respons satu kali satu tahun dan table top selama dua kali dalam setahun.©Konsistensi perusahaan gas ini mempertahankan pengamanan kilang, sekaligus menargetkan pencapaian level 7 world class yang diukur dengan metode DNF oleh USA dengan 21 item elemen. Akhir tahun 2007 lalu, PTB baru mencapai level 5. "Level maksimum level 9 yang diartikan sangat aman. Tapi, untuk semua LNG Plant didunia baru PT Badak NGL yang bisa"timpal Nanang Asmadie. (Sumber: Koran Kaltim)



Ke Beras Basah

BARENG KITA!

Jasa layanan travel ke berbagai tujuan wisata di Bontang yang terkenal dengan eksotismenya.

Jadi Sponsor

Aqiqah Online

DI BONTANG

Selenggarakan sunnah mulia aqiqah anak Anda di Ponpes Hidayatullah Bontang bersama anak santri kita

WhatsApp